Kamu Selalu Merasa Lelah dan Ngantuk? Mungkin Ini Penyebabnya

Kamu Selalu Merasa Lelah dan Ngantuk? Mungkin Ini Penyebabnya

 

Pernahkah kamu merasa lelah dan ngantuk sepanjang hari, padahal kamu sudah cukup tidur? Akibatnya, kamu jadi merasa stres, mudah marah, dan kurang fokus pada kegiatan. Mungkin beberapa faktor berikut ini penyebabnya.

Waktu Istirahat Tidak Teratur

Faktanya, banyak orang yang kegiatan sehari-harinya tidak memungkinkan mereka untuk beristirahat secara teratur. Seperti misalnya ayah dan ibu yang dari seorang bayi, atau orang yang bekerja dalam shift. Bila waktu istirahat tidak teratur, maka tubuh akan mudah merasa lelah terus-menerus.

Mengatasinya memang butuh penyesuaian. Ciptakan suasana yang mendukung untuk istirahat, seperti mengurangi cahaya ruangan, mengurangi polusi suara, dan mengurangi penggunaan gadget elektronik.

Banyak Hutang

Eits, yang dimaksud bukan hutang finansial lho, melainkan sleep debt alias hutang tidur. Menginjak usia dewasa muda, manusia dianjurkan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam setiap harinya. Namun banyak orang yang menyangka kalkulator jam tidur ini otomatis ter-reset dan mulai dari nol setiap hari. Padahal, tubuh kita tetap menghitung waktu tidur yang belum terpenuhi. Misalnya pada hari Senin kita hanya tidur selama 4 jam, lalu hari Selasa kita tidur selama 7 jam. Maka pada hari Rabu kita masih memiliki hutang tidur selama 3 jam, meskipun kita sudah tidur cukup pada hari Selasa.

Nah, hutang tidur yang terus menumpuk suatu saat akan terasa akibatnya. Menurut Harvard Women’s Health Watch, semakin banyak hutang tidur seseorang, maka semakin sulit untuk merasakannya. Dampak-dampak yang nyata justru rasa lelah, pusing, dan mudah marah.

Untungnya, hutang tidur tidak dikenai bunga dan tidak harus dilunasi sekaligus. Perlahan-lahan, tambahkan waktu istirahatmu untuk melunasi hutang tidur, ya.

Kebiasaan Sebelum Tidur

Hayo ngaku, berapa banyak dari kita yang terbiasa main smartphone sebelum tidur? Baik sekedar mengecek email pekerjaan, media sosial atau nonton di Youtube. Tubuh kita mengasosiasikan artificial light dari gadget dengan cahaya pada siang hari, waktu di mana kita beraktivitas. Tanpa disadari, kebiasaan sebelum tidur yang satu ini akan membuat kita semakin sulit untuk terlelap, dan mudah lelah. Yuk, matikan televisi, smartphone dan gadget elektronikmu setidaknya satu jam sebelum tidur.

Diet Ketat

Menjaga pola makan memang kebiasaan yang baik, apalagi tren clean eating alias makan sehat sedang digandrungi belakangan ini. Akan tetapi, tak banyak pelaku diet yang menyadari bahwa tubuh tetap butuh karbohidrat, protein dan mineral untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak boleh mengkonsumsi berlebihan, namun jangan sampai kekurangan.

Gangguan Tidur

Jika kamu merasa telah menerapkan pola hidup dan istirahat yang baik namun rasa lelah tak kunjung hilang, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Ada beberapa gangguan tidur yang dikenal dalam dunia medis seperti obstructive sleep apnea, kurang gizi, anemia, gangguan kelenjar tiroid, hingga narcolepsy.

Semua faktor yang mungkin menyebabkan kamu selalu merasa lelah dan ngantuk berkaitan dengan gaya dan pola hidupmu sehari-hari. Memperbaiki pola hidup memang tidak mudah dan butuh kesabaran, tapi manfaatnya akan kamu rasakan dalam jangka panjang.